Burung Bulbul, Jenis Burung Kicau Yang Kaya Ocehan

Burung Bulbul, Jenis Burung Kicau Yang Kaya Ocehan - Selamat Datang Di Informasi Bisnis dan Budidaya Dalam web KICKBISNIS.COM, anda akan menemukan berbagai macam peluang bisnis dan usaha yang menjanjikan peningkatan perekonomian keluarga anda. Info yang anda temukan pada kami kai ini adalah Burung Bulbul, Jenis Burung Kicau Yang Kaya Ocehan, Siahkan anda simak baik baik ulasan peluang usaha yang akan kami sampaikan di bawah ini , Semoga saja tulisan ini cocok dengan apa yang anda cari selama ini. Selamat Mencoba dan Semoga Sukses.

lihat juga


Burung Bulbul, Jenis Burung Kicau Yang Kaya Ocehan

Bulbul merupakan nama yang digunakan oleh negara-negara Eropa dan Amerika kepada burung Merbah. Ini merupakan jenis burung kicau.
Merbah atau disebut juga cucak-cucakan adalah suku burung pengicau dari Afrika dan Asia tropis. Burung-burung ini kebanyakan memiliki suara yang merdu dan nyanyian yang beraneka ragam. Nama ilmiah burung merbah atau bulbul ini adalah Pycnonotidae
Adapun Merbah biasanya disebut juga cucak-cucakan. Kata Merbah merupakan nama yang berasal dari rumpun Melayu.
Burung Bulbul / Merbah, Jenis burung kicau yang sangat kaya dengan ocehan/kicauan
Keluarga burung cucak-cucakan (Pynconotidae) terdiri atas 21 genus dan lebih dari 100 spesies. Salah satu genus / marga yang paling dikenal di Indonesia adalah Pycnonotus, yang terdiri atas 40 spesies seperti cucakrawa, kutilang, dan trucukan.
Selain bisa mengenal jenis burung bulbul yang ada di situs ini anda juga bisa download suara kicau mp3 berbagai jenis burung antara lain:: kicau kenari, kicau lovebird, kicau cucak ijo, kicau cucakrowo, kicau pleci, kicau jalak, kicau kolibri, kicau anis merah, kicau anis kembang kicau, kicau cendet, kicau kapas tembak, kicau cucak jenggot, kicau burung gereja atau kicau burger, kicau kacer, kicau branjangan, kicau ciblek. kicau cililin, kicau cucak cungkok, kicau hwamei, kicau tledekan atau kicau sulingan, kicau kepodang, sanma dll.
Di Indonesia, di antara sebutan burung tersebut yang paling terkenal disebut dengan Cucak. Hal ini karena burung Cucak sangat terkenal di Indonesia oleh para penggemar burung atau loversbird.

Burung ini memiliki jenis suara yang indah bertalun-talun, dengan ragam nyanyian yang merdu. Banyak kontes burung kicau yang digelar selalu diikutkan burung Cucak.Burung Bulbuls di Indonesia sedikitnya memiliki 27 jenis. Contoh beberapa jenis Bulbul adalah sebagai berikut:
  • Cucak Rawa (Pycnonotus zeylanicus)
  • Cucak Kuning (P. melanicterus)
  • Cucak Kutilang (P. aurigaster)
  • Cucak Gunung (P bimaculatus)
  • Merbah Cerukcuk (P. goiavier)
  • Merbah Belukar (P. plumosus)
  • Empuloh Janggut (Alophoixus bres)
Mengenal Burung cucak bersisik. Burung ini dikenal sangat pemalu, sehingga sulit ditemui oleh para bird watcher. Mereka menghuni kawasan hutan dataran rendah dan perbukitan hingga ketinggian 700 meter dari permukaan laut (dpl). Burung ini biasanya hidup bersama dengan kelompok burung jenis lain, termasuk saat mencari makanan di pucuk semak-semak kecil serta di tajuk-tajuk pohon yang tinggi. Cucak bersisik terdiri atas tiga subspesies / ras, dengan wilayah persebaran sebagai berikut:
  • Pycnonotus squamatus webberi, tersebar di ujung selatan Myanmar, wilayah selatan Thailand, Semenanjung Malaysia (termasuk Langkawi), dan Sumatera.
  • Pycnonotus squamatus squamatus, hanya dijumpai di PulauJawa.
  • Pycnonotus squamatus borneensis, hanya dijumpai di Kalimantan. Postur tubuhnya lebih besar daripada dua ras lainnya.
Sampai saat ini tidak banyak informasi mengenai perilaku perkembangbiakan burung cucak bersisik, apalagi burung ini makin jarang ditemukan keberadaannya di Pulau Jawa.

Ada juga salah satu jenis Bulbuls yang tersebar di Maluku, terutama di Pulau Seram. Burung Cucak Maluku memiliki warna yang indah, dengan suara yang sangat merde, berbeda dengan cucak yang terdapat di wilayah Indonesia bagian barat. Sampai saat ini Cucak Maluku belum dibudidayakan sebagaimana cucak-cucak lainnya di dataran Jawa dan Sumatera. Burung yang terdapat di wilayah Maluku itu juga dikenal dengan nama Brinji Emas (Alophoixus Hypsipetes). Selain di Maluku juga terdapat di wilayah Sulawesi. Hanya ada di dua daerah ini.

Sumber : Omkicau.com. wikipedia dan sumber lainnya.